Kali ini penulis lebih spesifik akan menjelaskan bahwa pemasangan Lampu HID pada motor Injection PGM-FI tidak akan ada masalah, yang katanya masih banyak juga para pengguna motor Injection jika mau menggunakan Lampu HID tidak akan bisa jika tanpa merubah system spull menjadi Fullwave dan mengganti Kiprok standartnya dengan Kiprok Tiger.
Untuk saat ini penulis akan membuktikan bahwa pemasangan Lampu HID pada jenis motor Injection PGM-FI ternyata tidak memerlukan perubahan pada Spull (Fullwave) dan Kiprok Tiger maupun Accu dari motor itu sendiri.
Penulis mengambil salah satu contoh yaitu menggunakan Honda Beat FI sebagai bahan pertimbangannya. Berikut penjelasannya.
Awalnya penulis akan memeriksa system kelistrikan dari motor itu sendiri, hal ini untuk menghindari akan terjadinya Accu drop atau tekor pada saat pemasangan Lampu HID nantinya. Kemudian penulis memeriksa keadaan Accu dari motor itu sendiri. Normal pada accu tersebut adalah 12.4Volt pada saat motor dalam keadaan tidak dihidupkan, dan pada saat mesin dihidupkan Voltase pada aki akan dengan sendirinya naik menjadi 14.2 - 14.5 Volt dengan keadaan Langsam (RPM Rendah). Lihat gbr.1
Gbr.1 |
Jika Voltase pada aki dibawah normalnya (14.2V - 14.5V) pada saat RPM Rendah (langsam) maka dapat dipastikan aki sudah tidak bagus (Normal).
Langkah yang ke.2 penulis menyiapkan Saklar model Toggle untuk On/Off lampu HIDnya. Dan membuatnya dengan menyolder dengan kabel yang sudah disiapkan.
Sudah tentu pembuatan saklar On/Off Lampu sangatlah penting untuk mengurangi pemakaian beban aki pada saat mesin akan dihidupkan menggunakan stater dimana sangat memerlukan Daya yang cukup besar. Jika tidak dibuatkan saklar On/Off lampu maka pada saat Kunci kontak ON maka lampu HID langsung ON yang akan menyebabkan Voltase pada aki akan menurun jauh, meskipun pada saat mesin dihidupkan, spull bekerja untuk pengisian aki dan voltase pada aki akan berangsur naik, namun hal ini juga bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada Ballast Lampu HID. Gbr.2
Gbr.2 (Jenis saklar On/Off Toggle) |
Untuk lebih amannya penulis juga menggunakan karet pelindung pada saklar itu sendiri Gbr.2A, dan menggunakan Skun Bakar untuk melindungi solderan kabel pada kaki saklar. Gbr.2B
Gbr.2A |
Gbr.2B |
Untuk pelindung bisa juga digunakan solatip hitam untuk melindungi Kabel solderan dan Saklar Toggle dari air.
Karena posisi untuk saklar akan diletakan pada kabel gas dibawah handle sebelah kanan. Gbr.3
Gbr.3 |
Langkah ke - 3 Mengganti lampu belakang / rem dengan Lampu LED.
Mengapa harus mengganti lampu belakang / rem dengan Lampu LED..?? Hal ini sudah pernah dijelaskan pada post yang lalu. Yang dikarenakan untuk watt pada Lampu rem belakang pada semua motor adalah 21watt dan 5 watt untuk lampu senjanya. Untuk menghindari pemakaian beban aki yang berlebih pada saat menggunakan HID maka penulis akan mengganti Lampu rem dengan LED. Gbr.4
Akan tetapi perlu diketahui bahwa system kelistrikan lampu pada motor Beat FI tidak sama dengan system kelistrikan lampu pada Beat 110 (lama).
Jika pada system kelistrikan lampu di Honda Beat lama pada saat merubah system kelistrikan lampu depan dari AC menjadi DC maka lampu belakang juga akan ikut berubah menjadi DC (jika kunci kontak ON maka lampu bisa di nyalakan tanpa harus menghidupkan mesin motor). Untuk jenis system kelistrikan pada Honda Beat FI terpisah antara lampu depan dengan lampu belakangnya (Rem). Maka dari itu diperlukan juga perubahan pada lampu belakang tersebut.
Gbr.4 |
Jika system kelsitrikan pada lampu belakang sudah dirubah maka pada saat kunci kontak posisi ON, Gbr.5 maka Lampu akan langsung ON. Gbr.5A.
Gbr.5 |
Gbr.5A |
Langkah ke-4 adalah mengganti Lampu senja juga dengan menggunakan Lampu LED, hal ini juga untuk mengurangi beban pemakaian aki pada saat HID dinyalakan. Dan System lampu senja pada Honda Beat FI juga sama pada saat mengganti lampu belakang / rem dengan LED. Dengan merubah system seperti ini, dapat juga dikatakan seperti DLR. Gbr.6
Gbr.6 |
Dan langkah yang terakhir pada saat HID sudah terpasang penulis melakukan pengukuran kembali untuk Voltase akinya, pada saat HID off mesin dihidupkan Gbr.7 dan pada saat HID on langsam Gbr.7A dan juga pada saat HID on RPM agak tinggi Gbr.7B.
Gbr.7 |
Gbr.7A |
Gbr.7B |
Akhirnya dari hasil pemasangan Lampu HID di Honda Beat Injection diatas, dapat penulis simpulkan bahwa untuk pemasangan HID pada motor Injection tetap aman meskipun tanpa merubah system Spull menjadi Fullwave dan merubah kiprok menggunakan Kiprok Tiger, dan bahkan tanpa merubah aki sekalipun. Hanya saja lakukan beberapa Tips berikut ini :
- Pada saat pemasangan lampu HID system kelistrikan lampu dari motor tersebut tetap harus dirubah menjadi DC tapi bukan Fullwave. Hanya system dari kelistrikan lampunya saja.
- Untuk merubah system kelistrikan lampu harus menggunakan Saklar tambahan untuk On/Off lampu HID *DIHARUSKAN.
- Mengganti lampu belakang / rem dan lampu senja depan menggunakan LED, akan tetapi jalur Input untuk masing-masing lampu harus dirubah menjadi DC (Kunci kontak ON lampu LED ON).
Berikut penulis berikan Videonya pada saat mesin motor dihidupkan dengan kondisi HID ON.
Masih bingung punya motor Injection mau pasang HID..?
Mau pasang HID tapi takut tekor akinya..?
Mau pasang tapi gak mau ribet-ribet ganti spull dan macem-macemnya..?
Mau pasang tapi males keluar rumah buat nyari-nyari HID nya sekalian pemasangannya..?
Klik aja www.pasanglampuhid.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar